bikin plat nomor di pinggir jalan. Legal or ilegal?

Hallo sobat motoblog….ada sedikit cerita nih yaitu tentang motor SMBLOG yang pertama dan sampai sekarang masih ada. Yaitu yamaha mio soul thn 2010 ber plat singaraja (dulu belinya seken) nah pada suatu hari saat smblog pakai tu motor ndilalah ada razia dan di STOPPlah ane…..saat SMBLOG tanya tentang kesalahan apa yg ane perbuat. Ternyata “hanya” karena plat nomor ane adalah palsu alias bikin di pinggir jalan. 

Walaupun tidak di bikin aneh2 bahkan lebih rapi. Tapi keselahanya adalah ukuranya memang lebih kecil, mikirnya sih biar lebih simple soalnya mio kan ukuranya kecil sedangkan kalau plat asli ya… u know lah ukuranya segede gaban…..bahkan kadang catnya juga belepotan. Nah akhirnya pak polisi tetap kekeuh dengan keyakinanya. Ya apa boleh buat…trus ane tanya sama bapak yg berwajib “emangnya gak boleh ya pak pakai plat nomor beli di pinggir jalan? Jawabanya gak boleh karena gak ada cap ditlantas dan bisa di curigai sebagai motornya curian dll. Emang sih Apalagi ada yg di bikin jadi nama 4L4Y bahkan ada yang di ganti pakai bahan akrilik…..bajigurrr tenan kayak gini ni yg bikin amsyong….. . padahal SMBLOG beli plat nomor di pinggir jalan bukan tanpa alasan lho. 

Karena pada saat pajak motor lima tahunan dan otomatis ganti plat nomor. Ternyata plat nomornya gak ada alias habisss aliass nihilll. Dan harus nunggu SAMPAI tiga bulan…busyetttt padahal tempat tinggal SMBLOG di daerah denpasar. Masak iya motor di aggurin sampai tiga bulan…..gilee aje dong……nah yang jadi kegelisahan SMBLOG adalah sebenarnya legal gak sih para pembuat plat nomor yang banyak berjejeran di pinggir2 jalan tu?? Kalau memang legal koq banyak kasus pada kena tilang. Dan kalau emang ilegal kenapa tidak di tindak sama pihak berwajib…padahal jelas2 mereka gak sembunyi2 kan malah kelihatan banget tu plang2nya. Atau mungkin kasusnya sama kayak penjual vcd bajakan? Yang walau mrnjamur di mana mana sudah menjadi hal biasa. Monggo sob yang lebih tau bisa berkoment ria… kita berdiskusi secara sehat dan waras….😂😂😂

speedmotoblog.com

hallo sobat SMblog..... perkenalkan nama saya hendri saya asli jogja tapi stay di bali. saya hanya penikmat roda dua, kecintaan saya terhadap motor membuat saya ingin "ikut campur" dengan cara menuangkan uneg2 saya lewat tulisan. so salam kenal ya sob dan mohon doanya ya semoga saya selalu konsisten dalam menulis....

4 Comments

  • untung2an. saya dulu nopol saya rapihin di pinggir jalan model jam digital baru seminggu ketilang. seminggu kemudian lagi mallah ilang di jalan. alhasil besoknya saya nanya ke samsat bandung kallo mau buat nopol harus gesek rangka dan mesin sama harus bawa bpkp. kebetulan bpkp ada di jakarta dan saya di bandung dan itu prosesnya lama 3bulanan. akhirnya saya tanya2 bisa lgsg ke pabrik pencetakannya cuman bawa stnk sama uang warna biru (tadinya minta nya warna merah karna plat luar). ga sampe 10 menit udah jadi sama persis buatan samsat, ada llambangnya cuman ya bellepotan.

    dan sekarang saya plat asli mobil sama motor tulisan huruf sama angka nya cuman di stikerin. selama ini aman2 aja padahal baru 1 bulan udah pada luntur tullisannya.
    maaf curcol..

  • nyari plat bekas yang ada stempel polrinya aja om.trus digetrek ulang.ditempat plat nomer biasanya banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *